Mengawali 2020, Tempayung dan Sukarami dipilih Sebagai Lokasi Sosper

Diposting pada : Rabu, 11 Maret 2020 - 15:34:18

Oleh : Admin Sistem

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya. 2020 ini Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan (SOSPER) jauh lebih awal. Kasubag Evaluasi, Sosialisasi dan Dokumentasi Produk Hukum, Uun Kurniasih, SH menyebut tak ada alasan khusus dibalik. "Tidak ada (alasan khusus). Anggaran kas dan persiapan sudah oke, ditambah lagi akses jalan juga sudah bagus. Ya sudah laksanakan saja, tidak perlu ditunda-tunda", ungkapnya usai Kegiatan di Desa Tempayung Kecamatan Kotawaringin Lama (Senin, 20/1).

Kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan oleh Bagian Hukum ini, menurutnya merupakan kesempatan yang baik bagi Pemerintah Daerah dalam kaitan mempublikasikan informasi hukum dan dokumentasi (produk) hukum langsung kepada masyarakat. "Mengenai publikasi ini sebenarnya kita kan sudah ada website JDIH (Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum). Disana kita sudah unggah semua produk-produk hukum daerah yang kita miliki, baik Peraturan Daerah, Peraturan Bupati, maupun Keputusan Bupati. Masyarakat bisa cari, baca-baca, bahkan unduh dokumennya dari website langsung. Jadi, semua permasalahan yang terjadi di masyarakat, yang kaitannya dengan payung hukum bisa langsung dicarikan rujukan hukumnya. Namun, kegiatan sosialisasi seperti ini juga tak kalah penting. Kita ingin memastikan masyarakat Kobar bisa mengakses semua informasi dan dokumentasi hukum seluas-luasnya," tegas Uun.

Lebih lanjut Ia menyampaikan kegiatan kali ini timnya menyiapkan materi kegiatan diantaranya Undang-undang Desa, Perda 10/2019 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah, Perda 17/2019 tentang Penyelenggaraan Peternakan dan Perda 11/2019 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Kabupaten Kotawaringin Barat. Saat dikonfirmasi mengenai rencana kegiatan sosialisasi berikutnya, Uun mengatakan bahwa Bagian Hukum sudah merencanakan kegiatan di Desa Sukarami Kecamatan Arut Utara.